Faedah hadis Bulughul Maram (Bag. 4)

  • 30 Nov 2019 08:32:11
Image

Penyusun: Ustadz Kholid Syaifullah, M.A
Faedah hadis Bulughul Maram
Kitab Jami' - hadis ke: 4
وَعَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ -رَضِيَ اللهُ عَنْهُ- قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ -صلى الله عليه وسلم-: "إِذَا كُنْتُمْ ثَلاَثَةً، فَلاَ يَتَنَاجَى اثْنَانِ دُونَ الآخَرِ، حَتَّى تَخْتَلِطُوا بِالنَّاسِ؛ مِنْ أَجْلِ أَنَّ ذلِكَ يُحْزِنُهُ" مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ
Dari Ibu Mas'ud radiyallahu 'anhu beliau berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Apabila kalian bertiga, maka janganlah dua orang diantara kalian berbisik-bisik tanpa mengikutkan yang ketiga, kecuali jika kalian bersama orang-orang yang lain; karena yang demikian itu akan membuat sedih orang yang ketiga". (HR. Bukhari dan Muslim)
Beberapa faedah yang bisa diambil dari hadis
1.Agama Islam mengatur tatacara bermuamalah seorang muslim dengan sesamanya, termasuk diantaranya adalah tatacara berbicara dan bertegursapa.
2.Segala sesuatu yang bisa menyakiti atau menyinggung orang lain diharamkan dalam Islam.
3.Seorang muslim hendaknya menjaga perasaan orang lain, jangan sampai membuat orang lain tersinggung atau sakit hati.
4.Larangan ini berlaku apabila mereka berjumlah tiga orang, kemudian dua orang diantaranya berbicara tanpa melibatkan orang yang ketiga. Demikian juga apabila mereka berjumlah empat orang, kemudian tiga orang diantaranya berbicara tanpa melibatkan orang yang keempat, dan seterusnya.
5.Tidak termasuk ke dalam larangan ini apabila jumlah mereka banyak sehingga masing-masing memiliki lawan bicara. Demikian juga apabila mereka berjumlah empat orang, dua orang berbicara satu sama lain, dan dua orang lainnya tidak ikut dalam pembicaraan.

Kategori : Ilmu Islam