Faedah hadis Bulughul Maram (Bag. 3)

  • 09 Nov 2019 10:43:31
Image

Penyusun: Ustadz Kholid Syaifullah, M.A
Kitab Jami' - hadis ke: 3
وَعَنِ النَّوَّاسِ بْنِ سَمْعَانَ -رَضِيَ اللهُ عَنْهُ- قَالَ: سَأَلْتُ رَسُوْلَ اللهِ -صلى الله عليه وسلم- عَنِ البِرِّ وَالإِثْمِ؟ فَقَالَ: "البِرُّ حُسْنُ الخُلُقِ، وَالإِثْمُ مَا حَاكَ فِي صَدْرِكَ، وَكَرِهْتَ أَنْ يَطَّلِعَ عَلَيْهِ النَّاسُ" أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ
Dari Nawwas bin Sam'an radiyallahu 'anhu beliau berkata: Aku bertanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tentang kebaikan dan dosa, maka beliau menjawab: "Kebaikan itu adalah akhlak yang baik, sedangkan dosa itu adalah sesuatu yang mengganjal di hatimu yang engkau tidak ingin hal tersebut diketahui oleh orang lain". (HR. Muslim)
Beberapa faedah yang bisa diambil dari hadis
1. Akhlak yang baik adalah bukti kesempurnaan iman seseorang, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
«أَكْمَلُ الْمُؤْمِنِينَ إِيمَانًا أَحْسَنُهُمْ خُلُقًا»
"Orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya". (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)
2. Termasuk dalam kategori akhlak yang baik adalah akhlak manusia dengan Allah subhanahu wa ta'ala. Sebagaimana ia harus beradab kepada sesama manusia terlebih lagi kepada Sang Pencipta.
3. Bagaimana cara beradab kepada Allah? Caranya adalah dengan melaksanakan segala perintahNya dan menjauhi segala laranganNya.
4. Syekh Ahmad Hijazi berkata: "Kebaikan adalah segala sesuatu yang diperintahkan syariat, baik yang wajib maupun yang sunah, maka termasuk di dalamnya segala kebaikan, seperti: menampakkan wajah yang berseri-seri di hadapan saudaranya sesama muslim, tidak mengganggu dan menyakiti orang lain, suka menolong orang lain, dan mencintai untuk orang lain apa-apa yang ia cintai untuk dirinya sendiri.
5. Orang yang berbuat dosa hidupnya tidak tenang, maka jika anda ingin hidup anda tenang tinggalkan dan jauhilah dosa.
6. Kebahagiaan itu ada pada ketaatan bukan pada kemaksiatan, maka dari itu salah jika seseorang mencari kesenangan dengan bermaksiat kepada Allah subhanahu wa ta'ala.

Kategori : Ilmu Islam