Faedah hadis Bulughul Maram

  • 03 Okt 2019 07:34:35
Image

Penyusun: Ustadz Kholid Syaifullah, M.A

Kitab Jami' - hadis ke: 2

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ - رضي الله عنه - قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم: «انْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ أَسْفَلَ مِنْكُمْ، وَلَا تَنْظُرُوا إِلَى مَنْ هُوَ فَوْقَكُمْ، فَهُوَ أَجْدَرُ أَنْ لَا تَزْدَرُوا نِعْمَةَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ». مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ.

Artinya: "Dan diriwayatkan dari Abu Hurairah radiyallahu 'anhu beliau berkara: Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Lihatlah kepada orang yang berada di bawah kalian, dan janganlah kalian melihat kepada orang yang berada di atas kalian, karena sesungguhnya hal ini akan menjadikan kalian tidak meremehkan nikmat Allah yang Allah berikan kepada kalian". (HR. Bukhari dan Muslim)

Beberapa faedah yang bisa diambil dari hadis

  • Anjuran Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam kepada umatnya untuk senantiasa qana'ah dengan apa yang ia miliki di dunia ini.
  • Sifat qana'ah mampu melahirkan sifat ridha terhadap takdir Allah subhanahu wa ta'ala.
  • Sifat qana'ah juga mampu melahirkan sifat syukur terhadap nikmat Allah subhanahu wa ta'ala.
  • Diantara penyebab kurangbersyukurnya manusia terhadap karunia Allah subhanahu wa ta'ala yang Allah berikan kepadanya adalah karena ia tidak menganggap karunia tersebut sebagai nikmat. Makanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan kita untuk melihat ke orang yang di bawah kita dalam hal duniawi supaya kita menyadari bahwa apa yang kita miliki selama ini adalah nikmat Allah subhanahu wa ta'ala yang patut disyukuri.
  • Hadis ini tidak berlaku dalam hal ketaatan atau ibadah; karena dalam hal ini Allah subhanahu wa ta'ala memerintahkan kita untuk berlomba-lomba dan bersegera. Allah subhanahu wa ta'ala berfirman:

{وَسَارِعُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِنْ رَبِّكُمْ وَجَنَّةٍ} [آل عمران: 133]

Artinya: "Dan bersegeralah menuju ampunan Allah, dan surga". (QS. Ali Imran: 133)

{فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرَاتِ} [البقرة: 148]

Artinya: "Maka berlomba-lombalah dalam kebaikan". (QS. Al-Baqarah: 148).

Kategori : Ilmu Islam